Sejarah Desa




I. SEJARAH SINGKAT DESA TUKADMUNGGA
Berdasarkan cerita para leluhur/sesepuh Desa Tukadmungga, konon Desa Tukadmungga bernama “ Tukad munggah “ karena dahulu sungai di Desa ini airnya sangat bening sekali, akan tetapi sungai tersebut sangat angker sehingga penduduk  tidak berani mandi di aliran sungai tersebut , untuk melewati sungai itu saja orang tidak berani karena  keangkerannya.
Suatu hari konon ada seorang putri teramat cantik datang melewati sungai dan tertarik dengan kebeningan air sungai tersebut , Dia merupakan tiisan dewa yang bernama Dewi Ayu , kecantikan putri tersebut sangatlah sempurna, kulitnya putih dan rambutnya terurai hitam lembut dan sangat panjang .
Dewi Ayu kemudian tertarik mandi di aliran air sungai yang bening tersebut, rambutnya yang panjang terurai terbawa arus sungai hingga ke muara  pesisir pantai.
Di saat itu pula konon ada seorang raja yang sangat tampan kebetulan berlayar melewati aliran  sungai tersebut. Raja tersebut  bernama Gempu Awang , alangkah terkesimanya si Gempu Awang melihat uraian rambut indah di muara sungai ,hatinya berdebar dan berpikir bahwa pastilah si pemilik rambut ini adalah seorang putri cantik sehingga tanpa berpikir panjang si Gempu Awang kemudian membelokkan perahunya menelurusi mengikuti uraian rambut tersebut  alangkah terkejutnya  Si  Gempu Awang ketika melihat seorang putri yang sangat cantik bagaikan bidadari  dari kahyanagn sedang mandi di hadapannya.
Seketika Si Gempu Awang matanya terbelalak, pikirannya menerawang dan hatinya terpesona melihat keindahan tubuh Dewi Ayu dan dengan penuh nafsu Si Gemu Awang mendekati sang putri tanpa ragu-ragu mengungkapkan isi hatinya serta berniat melamar Dewi Ayu untuk diajdikan istrinya.
Melihat seorang laki-laki yang tidak santun mendekati Dewi Ayu disaat sedang mandi dan ingin melamarnya membuat sang putri menjadi marah yang akhirnya dengan kesaktiannya sang putri mengutuk Si Gempu Awang dan perahunya menjadi sebuah batu besar dan menutupi badan sungai sehingga air sungai menjadi meluap ke daratan.
Sungai yang meluap tersebut kemudian oleh orang diberi nama “Tukad Munggah”   yang lama kelamaan menjadi Desa Tukadmungga.
Si Gempu Awang dan perahunya yang dikutuk menjadi batu besar sampai sekarang berada di hulu sungai dan diberi nama “Batu Perahu”. Karena keangkeran sungai tersebut maka sampai sekarang sungai tersebut diberi nama “Tukad Bangke” yang merupakan sungai perbatasan dengan Desa Pemaron.
Demikian sejarah keberadaan Desa Tukadmungga yang diceritakan oleh para leluhur desa yang sampai saat ini melekat dan merupakan legenda asal usul desa yang diyakini oleh masyarakat Desa Tukadmungga secara turun temurun.

 II. Sejarah Pemerintahan Desa Tukadmungga
Sejarah pemerintahan Desa Tukadmungga dimulai dari terbentuknya Klian Manca di wilayah Desa Tukadmungga pada Tahun 1930 dengan Klian Manca yang Pertama Bernama Gusti Bagus Winten. Klian Manca ini sebelumnya tidak punya kantor sebagai pusat Pemerintahan dan segala aktifitas pemerintahan di laksanakan di rumah.
Beliau menjabat kurang lebih 25 tahun ( dari Tahun 1930-1956 ). Kemudian pada tahun 1956 berubah menjadi Perbekel dengan Perbekel Pertama Ketut Sadri dan pertama berkantor menggunakan rumah Bank yang kini menjadi  Balai Banjar Dinas Dharma Yasa. Yang kemudian pada tahun 1979 nama perbekel berubah menjadi Kepala Desa  dimana pada tahun yang sama Kantot Kepala Desa  pindah kewantilan halaman jaba Pura Desa yang kini kantor tersebut sebagai Kantor LPD sedang sejak tahun 2001 sampai sekarang pusat Pemerintahan Desa Tukadmungga berkantor Di Perempatan Desa tepatnya di bekas gedung SD No 4 Tukadmungga yang telah di regrouping.adapun nama mantan Perbekel Desa Tukadmungga sbb :

  1. Gusti Bagus Winten  Masa Jabatan  1930-1956
  2. Ketut Sadri   Masa Jabatan  1956-1965
  3. Ketut Sandi   Masa Jabatan 1965-1970
  4. Gusti Gede Ambawa  Masa Jabatan  1970-1973
  5. Gusti Bagus Rai  Masa Jabtan 1973-1976
  6. A.A Ngurah Sentanu   Masa Jabatan 1976-1978
  7. Putu Suka  MASA Jabatan 1978-1986
  8. Gede Mangku Bawes   Masa Jabatan 1986-1994
  9. I.G.B.N. Sumpenaya  Masa Jabatan 1994-2008
  10. Made Seos  Masa Jabatan 2002-2010
  11. I Putu Ariadi Pribadi ,S.STP Masa Jabatan Agustus 2010 – April 2011 ( Pejabat Sementara)
  12. Made Arka Masa Jabatan 2011 - 2017

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar